Karena mencampur air dengan listrik adalah permainan yang berisiko, kami menganjurkan Anda untuk mengikuti aturan saat memasang lampu kamar mandi Anda. Terlebih sekarang banyak kamar mandi yang memasang cubicle toilet, selain karena harga cubicle toilet yang terjangkau. Penggunaan cubicle toilet ini juga sangat efisien. Anda harus, tentu saja, memastikan bahwa pekerjaan dilakukan oleh ahli listrik yang berkualifikasi, tetapi ada baiknya untuk memiliki pemahaman dasar tentang standar kelistrikan sebelumnya. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah membiasakan diri dengan peraturan kabel saat ini: Bagian 701 – Lokasi yang berisi bak mandi atau pancuran (Edisi ke-18: 2018). Peraturan ini berlaku untuk pengaturan domestik dan bukan fasilitas darurat, misalnya kamar mandi di laboratorium atau kawasan industri.

Sistem Zona

Pada dasarnya, peralatan berada di dalam atau di luar suatu zona. Ini mudah ditentukan dengan pengukuran, seperti yang ditunjukkan dalam diagram ini.

Ketinggian zona 1 dan zona 2 dibatasi baik oleh bidang horizontal yang sesuai dengan pancuran tetap tertinggi atau saluran keluar air, atau bidang horizontal yang terletak 2,25 m di atas permukaan lantai akhir, mana saja yang lebih tinggi.

Karena kamar mandi dikategorikan oleh dua zona (1 dan 2), jenis fitting lampu yang dapat Anda pasang tergantung di mana Anda ingin menempatkannya. Anda dapat dengan mudah merujuk ke diagram untuk melihat zona mana yang cocok untuk Anda.

Perlindungan RCD

Perangkat arus sisa (RCD) adalah perangkat penyelamat jiwa yang dirancang untuk mencegah Anda dari sengatan listrik jika Anda menyentuh sesuatu yang beraliran listrik, misalnya kabel telanjang. Regulasi 701.411.3.3 memperkenalkan persyaratan baru bahwa proteksi tambahan harus disediakan untuk semua sirkit lokasi dengan penggunaan satu atau lebih RCD yang memiliki karakteristik yang ditentukan dalam Regulasi 415.1.1. Ini berarti bahwa semua sirkuit, termasuk penerangan, pancuran listrik, gantungan handuk berpemanas, dll. memerlukan perlindungan RCD tidak melebihi 30 mA.

Stopkontak 230 volt

Regulasi 701.512.3 mengizinkan stopkontak 230 V dipasang di ruangan yang berisi bak mandi atau pancuran, asalkan dipasang 3m secara horizontal dari batas zona 1. Namun, perlu dicatat bahwa hanya sedikit kamar mandi orang yang benar-benar memiliki 3 colokan listrik. meter dari zona 1, jadi jarang terjadi seperti ini.

Pengaruh eksternal

Saat Anda berbelanja produk listrik, Anda mungkin memperhatikan bahwa kemasannya sering diberi label dengan peringkat IP. Ingress protection mengukur seberapa terlindunginya suatu produk terhadap air, debu, dan seberapa tahan produk tersebut terhadap dampak eksternal. Angka pertama berlaku untuk debu dan yang kedua untuk air. Misalnya, peringkat IPX0 berarti sama sekali tidak ada perlindungan terhadap air, sementara peringkat IPX7 menawarkan perlindungan dari perendaman air total hingga kedalaman satu meter selama setidaknya 30 menit.

Peraturan terbaru menyatakan bahwa setiap sistem perkabelan atau peralatan yang dipilih dan dipasang harus sesuai dengan lokasinya dan dapat beroperasi dengan baik dan tanpa kerusakan selama masa pakainya. Baiknya anda bisa memanfaatkan kabel rak sebagai media pelindung. Kehadiran air dapat terjadi dalam beberapa cara (misalnya, percikan, uap/kelembaban, kondensasi) dan di setiap lokasi yang diperkirakan akan ada, pengaruhnya harus dipertimbangkan dan perlindungan yang sesuai harus disediakan. Akibatnya, Bagian 701 mensyaratkan bahwa perlengkapan listrik di zona 1 dan 2 harus memiliki tingkat proteksi paling sedikit IPX4. Ini berarti Anda dapat memasang fitting lampu 230 V di atas pancuran atau bak mandi selama mereka memiliki peringkat setidaknya IPX4, yaitu tertutup dan terlindung dari air. Jika dipasang lebih dari 0.

Sakelar lampu Sakelar yang

dioperasikan dengan kabel diizinkan di zona 1 dan 2 kamar mandi Anda. Meskipun disarankan agar Anda memasang ini untuk memerangi kelembaban dan kondensasi yang terjadi, sakelar pelat juga diperbolehkan asalkan dipasang di zona luar. Sekali lagi, ini berarti sakelar ini harus berjarak setidaknya 0,6 m dari bak mandi atau pancuran dan harus sesuai dengan lokasinya.

Terakhir

Seperti biasa, periksa peringkat IP dan konfirmasikan bahwa instruksi pemasangan cable tray pabrik menyatakan bahwa produk dapat digunakan di zona yang relevan sebelum pemasangan dilakukan. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut, Bagian 701 dari Peraturan Pengkabelan sudah tersedia untuk dibaca secara online.