Pernah menonton film fiksi ilmiah dan bertanya-tanya bagaimana mereka memfilmkannya? Apakah ada studio film rahasia di Bulan? Mars? Westeros? Sayangnya tidak, jawabannya kurang memuaskan. Alih-alih Mars, itu mungkin difilmkan di gudang. Namun, untungnya bagi kami, chroma keying green screen obs studio lebih murah dan jauh lebih praktis daripada perjalanan ke Bulan. Sangat murah sehingga Anda mungkin dapat menggunakannya pada pemotretan berikutnya! Tapi apa itu green screen, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja cara menggunakannya? Mari kita masuk ke dalamnya.

Efek khusus dan grafik komputer (CGI) ditambahkan ke banyak film Hollywood setiap tahun. Layar hijau adalah green screen neon yang ditempatkan di latar belakang bidikan. Seperti yang akan kami jelaskan nanti, layar tidak harus hijau (dan tidak selalu). Jangan terkecoh dengan kesederhanaannya, layar kecil ini memberikan pukulan besar.

Apa itu green screen?

Sebuah studio green screen adalah latar belakang green screen besar ditempatkan di latar belakang tembakan untuk memungkinkan efek digital kemudian. Di Pasca Produksi, departemen efek khusus akan mengedit latar belakang dari hijau menjadi... apa pun yang mereka inginkan dengan CGI (citra yang dihasilkan komputer) atau cuplikan latar belakang yang disebut "piring". Layar dapat mengambil seluruh latar belakang atau hanya sebagian, tergantung apa yang perlu diganti.

Untuk apa green screen digunakan?

green screen paling sering dikaitkan dengan film superhero/sci-fi. Tetapi aplikasinya benar-benar tidak ada habisnya. Dalam video ini, kita dapat melihat seperti apa sebenarnya set film hari ini — ditutupi dengan warna hijau.

Tapi chroma keying tidak terbatas pada yang spektakuler, ia memiliki kegunaan yang jauh lebih praktis. Ruang redaksi dan petugas cuaca/wanita cuaca sering difilmkan di depan green.

Semakin banyak produksi tampaknya menggunakan chroma keying. Baik itu vlogger, fotografer, studio streaming, industri video game, atau Nenek Anda di Zoom, semua orang belajar cara menggunakan layar hijau. Kami telah menempuh perjalanan jauh dalam teknologi layar hijau, tetapi sudah berapa lama itu ada?

Kapan green screen ditemukan?

Saat digunakan saat ini, teknologi kunci kroma dan efek khusus dapat terasa mulus, tetapi tidak selalu demikian.

Penggunaan pertama datang pada tahun 1898 dengan George Albert Smith, menggunakan kain hitam untuk membuat objek "menghilang."

Mungkin penggunaan awal yang paling terkenal datang selama The Great Train Robbery (1903). Di sini, mereka mengecat jendela kereta api hitam, memungkinkan untuk penambahan pemandangan yang lewat nanti.

Video berikut merinci cara kerja pengomposisian di The Great Train Robbery dan contoh ikonik lainnya.

Jadi, setelah beberapa dekade evolusi, chroma keying telah menjadi lebih dari sekadar hal baru untuk menjadi elemen integral dalam pembuatan video dan film. Ada tonggak sejarah yang telah mendorong jenis efek visual ini tetapi hanya sedikit yang melakukannya lebih dari The Matrix (1999).

Pertempuran: green screen vs layar biru

Jadi sekarang, kita tahu apa itu layar hijau, tapi mengapa hijau? Yah, seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak selalu seperti itu. Awalnya hitam, lalu biru, lalu kuning, sekarang hijau (kebanyakan).

Industri memilih warna hijau karena, agar compositing atau chroma keying berfungsi, warna latar belakang harus berbeda . Berbeda dari warna kulit, dan berbeda dari lemari pakaian. Ternyata kecuali Anda pergi ke University of Oregon, kebanyakan orang tidak memakai banyak warna hijau neon… tetapi orang-orang memakai warna biru.

Selain lemari pakaian, warna biru dan hijau masing-masing menawarkan beberapa keunggulan teknis:

  • Hijau: Ini adalah default, lebih mudah untuk kamera digital , membutuhkan lebih sedikit pencahayaan, berkinerja lebih baik di siang hari, tetapi dapat berjuang dengan tumpahan warna. Apalagi dengan rambut pirang.
  • Biru: Tepi lebih bersih dan sedikit tumpahan warna. Lebih baik di malam hari tetapi membutuhkan lebih banyak pencahayaan.

Ini hanyalah ringkasan mengapa hijau atau biru akan bekerja di sebagian besar skenario chroma keying. Untuk perincian lengkap, baca lebih lanjut tentang perbedaan antara green screen vs layar biru .

Masa depan green screen

Kami telah belajar tentang masa lalu, dan kami telah menempuh perjalanan jauh dalam beberapa tahun terakhir, jadi bagaimana dengan masa depan? Ke mana kita akan pergi selanjutnya? Apakah kita akan tetap menggunakan chroma keying atau ada alternatif yang layak?

Nah, acara seperti The Mandalorian telah memilih teknik dinding LED sebagai gantinya. Tonton klip di balik layar ini tentang betapa canggihnya sistem mereka dan manfaat yang menjadikannya ideal.

Dinding LED ini berfungsi seperti TV LED Anda, memasang grafik di latar belakang satu set. Jadi, alih-alih memotret dan membuat koreografi di depan layar berwarna kosong, Anda melakukannya di depan latar belakang LED.

Ini dapat bermanfaat bagi aktor, sutradara, sinematografer, dan untuk tumpahan warna. Biaya jangka pendeknya tinggi, tetapi jangka panjangnya, dapat menghemat uang di lokasi, set bangunan, dan di Pasca Produksi.

Perusahaan lain telah mulai bereksperimen dengan gambar VFX dan holografik dalam kamera. Pembuatnya akan memberi tahu Anda layar hijau akan segera menjadi masa lalu, dan bahwa masa depan lebih baik, lebih murah, dan lebih efisien. Dan mungkin mereka benar, tetapi untuk saat ini, hijau masih menjadi raja.

Jika ada perubahan, kami pasti akan memberi tahu Anda.