A la carte adalah istilah dalam dunia kuliner yang merujuk pada pilihan menu makanan individual yang dipesan secara terpisah, di mana setiap hidangan memiliki harga tersendiri. Dalam menu a la carte, Anda bisa memesan makanan atau minuman secara terpisah sesuai dengan keinginan dan selera Anda, berbeda dengan menu set atau menu prasmanan yang menawarkan hidangan-hidangan yang telah ditentukan sebelumnya.

Sejarah A la Carte: Istilah "a la carte" berasal dari bahasa Prancis yang berarti "sesuai dengan kartu". Pada awalnya, istilah ini digunakan di restoran-restoran Prancis pada abad ke-19. Pada masa itu, restoran-restoran biasanya menawarkan hidangan-hidangan yang telah ditetapkan dan dikelompokkan dalam menu set atau prasmanan. Namun, pada pertengahan abad ke-19, restoran mulai memperkenalkan pilihan untuk memesan hidangan-hidangan secara individual dari menu yang disebut "a la carte".

Perubahan ini memberikan pelanggan kebebasan lebih besar untuk memilih hidangan yang mereka inginkan tanpa harus mengikuti susunan menu yang telah ditentukan. Ini juga memungkinkan restoran untuk menawarkan beragam hidangan dengan harga yang berbeda, sehingga cocok untuk berbagai anggaran dan selera.

Seiring waktu, konsep a la carte menyebar ke seluruh dunia dan menjadi cara umum untuk menyajikan makanan di restoran-restoran. Keberhasilan konsep ini terletak pada kemampuannya untuk memberikan fleksibilitas kepada pelanggan, mengakomodasi berbagai selera dan preferensi, serta memberikan pengalaman makan yang lebih personal dan disesuaikan.