Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan istilah yang menggambarkan bisnis berskala kecil dan mempekerjakan jumlah karyawan yang sedikit. Meski begitu, UMKM sendiri memegang peranan penting dalam perekonomian negara. Sebab sebagian besar UMKM merupakan sumber penghasilan bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, di beberapa negara, UMKM juga menjadi penopang untuk industri besar. Sehingga dapat membantu memperkuat perekonomian nasional. Lantas, sebetulnya apa saja sih manfaat UMKM bagi masyarakat serta ekonomi suatu negara?

6 Manfaat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Menciptakan lapangan pekerjaan

Pertama, UMKM memang mempekerjakan jumlah karyawan yang sedikit, tetapi saat jumlahnya membesar. Maka UMKM dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Meningkatkan inklusi keuangan

Kedua, UMKM bisa membantu meningkatkan inklusi keuangan dengan memberikan akses kepada masyarakat untuk berbisnis dan memperoleh pendapatan yang stabil.

Memperkuat perekonomian nasional

Ketiga, UMKM memainkan peran penting dalam memperkuat perekonomian nasional dengan menghasilkan produk yang masyarakat butuhkan sehingga membantu meningkatkan daya saing negara.

Mengembangkan wilayah

Selanjutnya, UMKM juga dapat membantu mengembangkan wilayah karena menyediakan yang membantu memperkuat ekonomi lokal.

Lebih fleksibel

Selain itu, UMKM memungkinkan masyarakat untuk bekerja sesuai dengan waktu dan lokasi yang mereka inginkan. Sehingga mereka jadi lebih fleksibel untuk mengelola bisnis dan melakukan kegiatan lainnya.

Meningkatkan kualitas produk dan layanan

Terakhir, UMKM bisa membantu meningkatkan kualitas produk dengan mengadopsi teknologi terbaru dan memperluas jaringan bisnis mereka.

Meskipun UMKM memang memberikan banyak manfaat, ada kalanya untuk mewujudkannya menghadapi beberapa kendala. Contohnya kendala terhadap keperluan modal dan sumber daya untuk mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, pemerintah sering memberikan dukungan dan fasilitas untuk membantu UMKM memperluas bisnis mereka.

Sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas produk dan layanan UMKM, Bapak Sudaryono APPSI yang merupakan Ketua Umum APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) dan juga sebagai Ketua Dewan Pembina PAPERA (Pedagang Pejuang Indonesia Raya) telah membuat gerakan penting untuk memperluas UMKM sebagai ujung tombak perekonomian Indonesia.

Melalui laman Sudaryono.id, beliau menyatakan bahwa pemerintah saat ini berupaya mendorong pertumbuhan ekspor, antara lain mempertahankan pasar ekspor, fokus pada UMKM berorientasi ekspor, penetrasi pasar nontradisional, pemanfaatan PTA/FTA/CEPA, dan pembenahan regulasi melalui UU Cipta Kerja.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai apa saja manfaat dari UMKM bagi masyarakat serta ekonomi negara. Semoga informasi ini dapat membantu ya!