Agar tidak salah dan menyesal di kemudian hari, seseorang harus bisa memilih perusahaan yang tepat untuk berkarir. Selain nama besar perusahaan atau nominal gaji yang ditawarkan, masuk akal juga untuk mempertimbangkan berbagai aspek penting lainnya.

Berikut cara tepat yang bisa Anda lakukan untuk memilih perusahaan untuk karir impian  Anda:

1. Ketahui kebutuhan Anda

Cari tahu apa prioritas Anda saat ini dan apa yang bisa dikesampingkan terlebih dahulu. Misalnya, ingin mendapatkan pengalaman dalam pemasaran dan tidak tertarik dengan nama atau merek perusahaan. Maka, Anda bisa mengidentifikasi kebutuhan Anda dengan mengevaluasi pekerjaan Anda saat ini. Apa yang kurang dan apa yang membuat Anda betah?

2. Kenali industrinya

Anda bisa memilih perusahaan dengan terlebih dahulu menentukan industri apa yang Anda minati. Anda dapat memulai di industri tempat Anda bekerja. Dari sini Anda dapat mempersempit beberapa perusahaan yang terlibat dalam industri ini.

3. Penelitian perusahaan

Sebaiknya Anda mengetahui seluk beluk bisnis yang dapat membantu Anda memilih perusahaan yang tepat untuk karir Anda. Coba cari tahu tujuan dari perusahaan target, siapa CEO-nya dan seperti apa reputasinya. Dengan cara membaca publikasi resmi atau halaman perusahaan dan liputan media.

4. Periksa lowongan pekerjaan dan deskripsi pekerjaan

Pelajari dengan cermat lowongan pekerjaan dan deskripsi pekerjaan perusahaan target Anda. Dari postingan lowongan pekerjaan tersebut, Anda dapat menilai beberapa hal tentang perusahaan tersebut. Seperti budaya kerja, ekspektasi terhadap karyawan, spesifik (misalnya visi dan misi atau struktur organisasi/tim), gaji atau tunjangan.

Selain itu Anda juga bisa mencari tahu lebih lengkap informasi lowongan kerja di Loker.hotelier.id yang juga mengulas informasi gaji dari perusahaan yang Anda inginkan.  Atau jika Anda ingin bekerja di hotel Anda bisa mengikuti HHRMA Bali yang informasinya juga bisa Anda temukan di situs web tersebut.

5. Sesuaikan visi dan keterampilan Anda

Kerucutkan lagi lowongan lowongan dengan perusahaan lain yang sesuai dengan misi dan keterampilan Anda. Misalnya, Anda mungkin memiliki gelar akuntansi dan minat dalam industri teknologi. Pastikan Anda memiliki keterampilan untuk posisi tersebut.Kemudian, Apakah Anda sudah menguasai tools yang biasa digunakan oleh akuntan di perusahaan teknologi?

6. Pantau jejaring sosial mereka

Ikuti semua akun media sosial perusahaan yang Anda targetkan untuk mendapatkan update terbaru tentang produk, layanan, atau perusahaan itu sendiri. Tidak berhenti di sini, Anda juga dapat mengikuti karyawan perusahaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang profil mereka.

7. Mengajukan pertanyaan

Jika Anda ingin memilih perusahaan yang tepat, jangan ragu untuk bertanya kepada perekrut atau departemen SDM di perusahaan target Anda. Seperti, tanggung jawab Anda sehari hari, kondisi perusahaan dan tim, dan sistem penilaian kinerja karyawan.

8. Pastikan ada peluang untuk berkembang

Perusahaan yang tepat untuk karir Anda adalah perusahaan yang menawarkan jalur karir yang jelas dan peluang untuk berkembang. Anda dapat menggalinya melalui struktur organisasi perusahaan, jenis tunjangan yang diberikan, dan bertanya langsung bila kamu mencapai tahap offering.