Memilih gaya dan jenis font yang tepat untuk kebutuhan yang berbeda sangatlah penting. Baik untuk surat menyurat, misal membuat lamaran dan resume kerja, hingga desain grafis seperti katalog, brosur, majalah, website dll. Pemilihan font jangan sampai salah. Ada banyak gaya dan jenis font.

Arti font juga berbeda. Ada font untuk surat dinas atau font untuk iklan dan lain sebagainya yang membutuhkan font yang lebih casual yang terasa santai. Salah memilih font bisa jadi tidak menyampaikan pesan dari cover letter atau produk desain grafis yang Anda buat.

Font adalah teks atau karakter teks yang dapat dicetak atau ditampilkan dalam gaya dan ukuran tertentu. Jenis dan gaya font atau huruf sangat bervariasi, tetapi setiap gaya font memiliki karakteristik dan makna serta tujuan yang berbeda.

Untuk mengetahui berbagai gaya font, Anda dapat melihat dan mendownloadnya di Newcomerscuerna.org yang menyediakan berbagai macam font gratis yang bisa anda download dengan mudah.

Bagi Anda yang ingin terjun ke desain grafis, baik itu melalui situs web, konten media sosial, dan strategi pemasaran digital lainnya, Anda perlu memilih font yang tepat agar strategi pemasaran menjadi sempurna.

Kumpulan tips memilih font yang tepat di bawah ini bisa jadi referensi Anda.

Mengetahui identitas merek

Bergantung pada identitas merek yang diajukan, kesan apa yang ingin Anda sampaikan? Apakah itu berwibawa, santai, mendidik, modern, dll.? Sekarang anda tinggal memilih jenis dan arti font diatas sesuai dengan kebutuhan anda.

Pilih banyak font

Pada tahap awal, Anda harus terlebih dahulu memilih tiga kemungkinan font. Kemudian terapkan dalam materi pemasaran Anda dan kemudian bandingkan mana yang paling bagus.

Pastikan font berlaku di semua perangkat

Ingatlah bahwa pemasaran digital Anda tidak hanya dapat diakses oleh audiens Anda melalui situs web, tetapi juga smartphone dan perangkat lainnya. Jadi pilihlah font yang mudah dibaca di semua perangkat. Ini juga berlaku jika Anda ingin terus melakukan pemasaran tradisional melalui iklan, spanduk, dan lainnya.

Pertimbangkan hierarki tipografi

Saat memilih font, ingatlah kapan font tersebut akan muncul di samping gambar atau font pendukung lainnya. Atau ketika memilih font untuk judul, subtitle, dan tambahan lainnya, pastikan font yang Anda pilih sesuai untuk digunakan.

Menemukan inspirasi

Jika Anda masih bingung, coba ambil inspirasi dari merek yang Anda kagumi atau merek ternama lainnya. Perhatikan font yang mereka gunakan dan bagaimana mereka mengatur font yang berbeda sehingga bisa berdampingan dengan baik.

Meminta masukan

Mintalah masukan terlebih dahulu kepada kolega, mitra bisnis, atau teman Anda. Komentarnya nanti akan sangat membantu dalam reaksi penonton. Siapa tahu, mungkin ide dan saran mereka bisa membantu Anda.

Demikian tips memilih font yang tepat. Semoga bisa menambah kesan estetik pada karya desain grafis yang anda buat.