Apakah Anda bosan dengan suasana rumah yang sekarang atau pernahkah Anda berpikir bahwa rumah Anda perlu dirombak? Mungkin saat ini adalah waktu yang tepat untuk renovasi rumah. Sayangnya, tindakan ini memakan banyak waktu dan uang.

Namun jangan sampai hal tersebut menghentikan Anda untuk mewujudkan rumah impian. Dengan kreativitas dan usaha yang lebih, renovasi rumah bisa terwujud meski dengan dana yang terbatas.

Berikut adalah 4  ide desain untuk merenovasi rumah impian Anda dengan anggaran terbatas.

1. Renovasi Rumah: Kembali ke dasar

Agar lebih mudah dan murah, Anda bisa melakukan renovasi rumah dengan menggunakan atau mengembalikan elemen dasar rumah. Renovasi rumah bisa Anda lakukan dengan warna dasar seperti putih dan juga dengan furnitur atau perlengkapan minimalis tanpa detail yang berlebihan.

2. Masukkan warna baru saat merenovasi rumah

Saat merenovasi, perhatikan warna furnitur. Pastikan warna dinding, lantai, atau langit-langit sesuai dengan warna furnitur yang ada.

Untuk hasil terbaik, maksimalkan pencahayaan saat merombak rumah dengan menambahkan jendela atau mengganti material jendela. Pencahayaan yang baik ini membuat renovasi rumah menjadi lebih optimal.

Untuk meminimalisir kesalahan, Anda juga bisa menyewa jasa renovasi rumah seperti Akmal Gemilang yang menyediakan penawaran jasa renovasi rumah dan kontraktor bangunan murah untuk area JaBoDeTaBek.

3. Ubah lampu pencahayaan

Padukan jenis lampu sesuai dengan kebutuhan dan gaya ruangan, mulai dari lampu gantung, lampu sorot hingga lampu baca dan lampu hias. Selama pekerjaan renovasi, perhatikan juga pemilihan warna lampu dan sesuaikan dengan suasana ruangan yang diinginkan.

Pastikan penempatan lampu ini juga sesuai dengan fungsinya, misal lampu gantung di tengah ruang utama dan lampu sorot yang menjadi aksen hiasan dinding atau hiasan lain di dalam ruangan.

4.Kembali ke alam, tambahkan tumbuh-tumbuhan

Terkadang renovasi rumah bertujuan untuk menyegarkan suasana rumah agar aktivitas di dalam rumah menjadi jauh lebih menyenangkan. Saat merenovasi, perhatikan penggunaan dan penempatan tanaman. Kehadiran tumbuhan di dalam rumah bisa menjadi solusi untuk membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk.

Gunakan tidak hanya tanaman dalam ruangan tetapi juga ruang terbuka untuk berbaur dengan lingkungan alam, misal Kebun di luar rumah. Jadi saat Anda sedang merenovasi rumah, memastikan ukuran dan orientasi jendela serta bukaan lainnya berada pada posisi dan ukuran yang tepat sangatlah penting.

Ingatlah bahwa renovasi rumah berjalan dengan lancar ketika Anda benar-benar memahami desain yang Anda inginkan.