Marmer adalah batuan metamorf yang terbentuk dari rekristalisasi batu gamping. Pola marmer asli tidak bisa disatukan karena alurnya tentu saja berbeda.

Pola yang dibuat pada marmer adalah hasil dari proses alami pembentukan batuan. Marmer sering ditemukan sebagai batu yang menghiasi rumah, sebagai batu yang digunakan untuk lantai, dinding bahkan furnitur seperti meja dan kursi.

Selain itu biasanya juga digunakan untuk kijing makam marmer, batu nisan marmer granit dan lantai marmer lokal untuk dekorasi rumah yang bisa Anda temukan di Bintang Antik Sejahtera dengan mengunjungi Transmarmer.com yang melayani marmer online murah dan terpercaya.

Alasan mengapa marmer ini sering dipilih sebagai batu dekorasi rumah adalah karena batu ini memiliki tampilan yang sangat indah dan cocok sebagai bahan dekorasi bangunan, selain itu juga mudah untuk diukir.

Ingin tahu lebih banyak tentang material marmer yang mewah ini? Yuk, simak pembahasan lengkap di bawah ini!

Sebagai bahan dasar pembuatan berbagai jenis furniture

Dengan banyaknya jenis dan bahan pembuatan furniture, tidak hanya kayu saja tetapi juga batu alam seperti marmer menjadi salah satu bahan yang banyak diminati masyarakat. Ada berbagai jenis furnitur yang menggunakan bahan dasar marmer, seperti meja, kursi, jendela, dan kendi.

Dapat digunakan sebagai pupuk

Marmer yang dipanaskan dapat mengusir karbon dioksida yang terkandung dalam kalsit, meninggalkan kalsium dioksida atau kapur, yang dapat digunakan sebagai pupuk berbasis kapur untuk lahan pertanian, terutama untuk mengurangi pengasaman tanah. Diaplikasikan dengan pupuk, dapat meningkatkan hasil panen.

Sebagai bahan pembersih rumah tangga dasar

Selain digunakan untuk kecantikan atau dekorasi, ternyata marmer juga bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk membersihkan rumah. Marmer ini tersusun dari calcite, sejenis mineral dengan kekerasan Mosh tiga. Untuk itulah marmer sering digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan pembersih kamar mandi dan dapur. Karena marmer bersifat lunak, pembersih marmer tidak akan menimbulkan goresan atau kerusakan lainnya.

Berbagai warna dan pola

Batu marmer dengan keunikan alamnya memiliki warna dan corak yang beragam. Marmer juga bisa diaplikasikan utuh atau dalam potongan besar atau dipotong menjadi ubin secara keseluruhan tanpa harus memolesnya dengan pola dan warna tambahan karena marmer sudah memiliki pola sendiri yang indah.

Tahan Panas

Marmer adalah batu yang tidak menghantarkan panas dan bukan merupakan konduktor yang sangat baik. Oleh karena itu, batu marmer dapat menahan sengatan panas dan hampir tidak dapat terbakar. Anda akan merasa sejuk menggunakan marmer sebagai bahan desain lantai di rumah, meskipun udara sedang panas. Marmer ini cocok untuk lantai di rumah-rumah tropis.

Tidak mudah tergores

Marmer juga tidak mudah tergores. Permukaan mengkilap membuat marmer sulit pudar bahkan setelah penggunaan jangka panjang. Bahkan jika ada banyak gesekan di lantai batu marmer.

Mudah untuk dibersihkan

Inilah keunggulan utama marmer. Butuh waktu lama agar marmer kehilangan kilau dan menjadi kusam. Namun jika suatu saat marmer tersebut menjadi kusam, jangan khawatir karena marmer mudah dibersihkan dan akan mengembalikan kilaunya. Cairan khusus untuk membersihkan lantai marmer tersedia secara komersial.