Riau, pemerintahan Kuantan Singingi (Kuansing), dikenal tidak hanya karena kekayaan alamnya, tetapi juga budayanya dan banyak pemandangannya yang indah.

Tepat di sebelah provinsi Sumatera Barat (Sumatera Barat), objek wisata Kuansing tak kalah menarik untuk dijelajahi bersama keluarga.

Menurut ulasan dari beberapa sumber, inilah tempat wisata paling populer di kalangan pengunjung Kuansing:

1. Pacu Jalur

Pacu Jalur merupakan pusat wisata yang diselenggarakan setiap tahun untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pacu Jalur sendiri adalah, Pacu bertanding, dan Jalur merupakan long boat dengan ukuran 25-40 meter dan muatan 40-60 orang, Pacu Jalur termasuk agenda nasional Kelander, dan juga merupakan budaya Kuantan Kabupaten Singingi, Riau, yang sudah ada sejak zaman penjajahan, bahkan ratusan tahun.

Pacu Jalur dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dan acara Pacu Jalur biasanya diadakan pada bulan Agustus setiap tahun.

Dan seperti yang diberitakan oleh Halo Kuansing yang merupakan situs Media Berita Kuansing Terbaru bahwa Pemda Kuansing bisa menerima Retribusi dari hasil festival Pacu Jalur tersebut.

2. Air Terjun Tujuh Tingkat

Dalam perjalanan menuju Air Terjun Tujuh Tingkat, kita bisa melihat kera, berbagai jenis burung dan hewan lainnya seolah menyambut pengunjung.

Seven tiers artinya ada air terjun berjenjang tujuh yang akhirnya mencapai dasar sungai dan terus mengalir ke Sungai Kuantan yang mengairi sebagian besar wilayah Kuantan Singingi.

3. Air Terjun Guruh Gemurai

Sekitar 25 km dari Teluk Kuantan. Nama Guruh Gemurai berasal dari bahasa lokal, Guruh berarti guntur (suara air terjun); sedangkan Gemurai adalah percikan air yang tersebar.

Dengan demikian, Air Terjun Guruh Gemurai berarti air terjun yang suara cipratan (curahan)nya menggelegar.

4. Ekowisata di Bukit Rimbang Baling

Cagar Alam Bukit Rimbang Bukit Baling terletak di Kabupaten Kampar dan Kuantan Singingi.

Berbagai tumbuhan ditemukan di kawasan tersebut, termasuk Rafflesia Merah Putih yang tergolong langka.

Selain itu, kawasan ini juga menjadi rumah bagi lima kucing hutan, di antaranya macan dahan, kucing emas, macan tutul, "kucing marmer" dan harimau sumatera.

5. Pantai Jai Jai Raok Pangean

Bagi pengunjung, hamparan pasir dan rerumputan hijau yang dinaungi pohon kelapa menjadi pesona Pantai Jai Jai Raok, Padang Tanggung, Pangean, Kabupaten Pangean.

Pada awal tahun 2021, tempat wisata lokal akan menjadi alternatif untuk mengisi liburan. Selain objek wisata desa, Pantai Jai Jai Raok Padang Pangean juga bertanggung jawab. Penduduk lokal dari berbagai tempat di luar daerah juga datang mengunjunginya.