Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil alam yang luar biasa. Mulai dari kayu, emas hingga marmer. Marmer merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai produk seperti patung, vas bunga, mangkok, dll.

Batuan lunak ini terutama diproduksi oleh beberapa daerah di Indonesia yang masih berusaha mengoptimalkan produksinya. Tahukah Anda daerah produksi marmer terbesar di Indonesia? Lihat daftarnya!

TulungAgung

Tulungagung merupakan daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia. Tambang marmer Tulungagung konon sudah ada dan beroperasi sejak zaman penjajahan Belanda. Kegiatan penambangan marmer Tulungagung dilakukan di Bukit Besole, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung.

Marmer Tulungagung terkenal dengan kualitas yang baik. Ada salah satu produsen Kerajinan Marmer yang terkenal yaitu Kerajinan Marmer Bintang Antik Sejahtera. Mereka yang membuat berbagai macam kerajinan tangan, seperti kijing makam marmer granit, prasasti papan nama marmer, lantai marmer Tulungagung dan masih banyak lagi.

Aceh

Aceh terkenal sebagai daerah yang banyak menghasilkan minyak dan gas bumi. Mampu memproduksi 1,7 juta barel minyak per tahun, kawasan ini juga populer sebagai penghasil marmer. Sebagian besar batuan lunak ini ditemukan di wilayah selatan Aceh. Potensi alam ini juga didukung dengan keberadaan laboratorium marmer dan granit pada salah satu kampus bergengsinya.

Magelang, Jawa Tengah

Kabupaten Magelang juga merupakan salah satu daerah penghasil marmer di Indonesia. Lokasi penambangan marmer di kawasan ini tepatnya di Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Marmer Magelang ini tergolong langka dan unik karena keluar dari tanah dengan serat berwarna merah. Di kabupaten Salaman juga terdapat tempat wisata berupa Bukit Marmer Merah khususnya di desa wisata Ngargoretno, Salaman, Magelang.

Lampung

Lampung terkenal sebagai penghasil bijih besi. Selain itu, Gerbang Sumatera juga merupakan salah satu daerah di Indonesia yang banyak menghasilkan marmer. Banyak sekali lokasi penambangan marmer yang bisa dengan mudah kita temukan, misalnya Natar tepatnya di desa Relung Helak dengan potensi sumber daya alam sekitar 50 hektar.

Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat juga merupakan salah satu daerah penghasil marmer di Indonesia. Tambang marmer Sumatera Barat tersebar di beberapa kabupaten/kota di wilayah Minangkabau. Tambang marmer paling awal berada di Halaban dan Sitanang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Selain itu, terdapat tambang marmer di Kabupaten Agam serta Tampurungo di Kabupaten Sawahlunto.